Sabtu, 21 Juli 2007

Karya Tulis Untuk ITSF

PUSTAKA SIMETRON (SIMULASI ELEKTRONIK)
DALAM PEMBELAJARAN KONSEP-KONSEP FISIOLOGI BIOLOGI DI SMA
[Herman Retnandar/SMA YPK Bontang]


A. Latar Belakang dan Tujuan Karya Inovatif ini:
Mata pelajaran Biologi di SMA menekankan pada fenomena alam dan penerapannya yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut. (1) Hakikat biologi, keanekaragaman hayati dan pengelompokan makhluk hidup, hubungan antarkomponen ekosistem, perubahan materi dan energi, peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem, (2) Organisasi seluler, struktur jaringan, struktur dan fungsi organ tumbuhan, hewan dan manusia serta penerapannya dalam konteks sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat dan (3) Proses yang terjadi pada tumbuhan, proses metabolisme, hereditas, evolusi, bioteknologi dan implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
Idealnya, untuk menyampaikan konsep-konsep tersebut siswa diberi pengalaman belajar seperti; mengamati, mengajukan hipotesis, menggunakan alat dan bahan secara baik dan benar, mengajukan pertanyaan, menggolongkan dan menafsirkan data, serta mengkomunikasikan hasil temuan secara lisan atau tertulis, menggali dan memilah informasi faktual yang relevan untuk menguji gagasan-gagasan atau memecahkan masalah sehari-hari.
Namun sayang, akibat keterbatasan pengetahuan, waktu dan sarana hampir sebagian besar guru hanya menggunakan media gambar, tabel, diagram dengan pengantar ceramah. Akibatnya timbul kesan bahwa biologi adalah pelajaran yang sulit sekali hafalannya. Padahal, di era modern ini semua permasalahan tersebut sudah dapat diatasi dengan banyaknya bahan ajar di belantara maya. Dengan sedikit pengetahuan komputer dan kreativitas, guru dapat membuat sumber belajar sendiri untuk digunakan sebagai alat bantu mengajar.

B. Uraian Isi:
Langkah-langkah dalam Penyusunan Pustaka SIMETRON
Analisis Standar Kompetensi Lulusan Biologi SMA
Analisis dilakukan terhadap seluruh materi Biologi yang harus diajarkan di SMA. Daftar yang sudah teridentifikasi secara garis besar adalah sebagai berikut;
Standar Kompetensi Lulusan
Simulasi
1. Merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis, menentukan variabel, merancang dan merakit instrumen, menggunakan berbagai peralatan untuk melakukan pengamatan dan pengukuran yang tepat dan teliti, mengumpulkan, mengolah, menafsirkan dan menyajikan data secara sistematis, dan menarik kesimpulan sesuai dengan bukti yang diperoleh, serta berkomunikasi ilmiah hasil percobaan secara lisan dan tertulis
2. Memahami keanekaragaman hayati dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya.
3. Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem, perubahan materi dan energi, serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
4. Memahami konsep sel dan jaringan, keterkaitan antara struktur dan fungsi organ, kelainan dan penyakit yang mungkin terjadi pada sistem organ, serta implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
5. Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan, proses metabolisme dan hereditas, evolusi dan implikasinya dengan sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
6. Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
Model eksperimen
Kunci dikotomis
Daur biogeokimia
Siklus energi
Ekosistem
Perkembangan
Sistem organ
Pertumbuhan
Metabolisme
Genetika
Bioteknologi


Materi simulasi seperti tercantum pada kolom sebelah kanan merupakan judul global yang nantinya akan menjadi kumpulan dari simulasi-simulasi kecil/singkat yang menyertai pokok-pokok konsep pada kolom sebelah kiri.

Menentukan Internet Explorer
Langkah selanjutnya adalah memilih perangkat lunak untuk mengeksplore internet. Pilihan yang paling popuper yang sering diambil oleh penulis adalah microsoft internet explorer yang sudah ter-bundle bersama microsoft windows atau kadang menggunakan mozilla firefox untuk keperluan tertentu.


Menentukan Internet Browser
Ada banyak mesin pencari (internet browser) yang kita bisa pilih untuk melakukan pencarian bahan-bahan yang kita perlukan. Namun, penulis sering memakai dua diantaranya yaitu;
a. http://www.yahoo.com seperti gambar berikut;


Web browser ini sering digunakan oleh penulis terutama untuk mencari file-file berupa video/movie karena pada toolbar standarnya sudah mencantumkan pop menu video.

b. http://www.google.com seperti gambar berikut;

Mesin pencari ini yang paling sering digunakan oleh penulis untuk mencari situs-situs yang mengandung banyak gambar. Interface yang sederhana menyebabkan software ini lebih cepat terbuka dan lebih cepat dalam mengakses data.

Melakukan pencarian dan pengunduhan
Proses pencarian dimulai dengan memasukkan kata-kata kunci pada field Search di mesin pencari [yahoo maupun google]. Dalam hal mencari situs-situs yang banyak berkaitan dengan animasi biologi, kata kunci yang penulis ketikkan adalah “animation+biology”. Ini berarti penulis menghendaki situs yang memiliki unsur animasi [abimation] dan berkaitan dengan biologi [biologi]. Hasil pencarian dengan menggunakan mesin google adalah sebagai berikut;

Sesudah itu dipilih satu persatu dan dibuka, misalnya situs urutan kedua yaitu http://science.nhmcd.edu/biol/bio1.htm yang webnya sebagai berikut;


Langkah berikutnya adalah mulai memilih link-link yang disediakan, apabila ada yang merupakan file flash yang langsung dapat diunduh (download), maka dapat segera dilakukan pengunduhan. Untuk mempercepat proses ini dapat menggunakan software bantuan misalnya Download Accelerator Plus (DAP) seperti berikut;


Terkadang ada situs yang tidak menyediakan file flash yang dapat diunduh langsung, untuk hal seperti ini dapat diakali dengan menjalankan file terebut pada browsernya, kemudian dicari source-nya untuk dijalankan secara parsial. Contoh seperti berikut;

Setelah file-file itu dicoba dijalankan dan ditutup kembali, kita dapat mencari “sampah” dari file tersebut pada folder “temporary internet explorer” yang dapat kita bongkar melalui Tool à Internet Option à Browsing History à setting à View Trusted File lalu kita bisa menyalin nama file flash yang tertangkap (misalnya mitosis.swf) dan memindahkannnya ke mydocument.
Untuk beberapa materi, sebenarnya ada sebuah situs yang menyediakan beberapa file flash gratis apabila kita sudah menjadi member dan login ke dalamnya, contohnya adalah http://www.e-dukasi.net. Di dalamnya terdapat sejumlah file yang didownload dan dikumpulkan dalam satu folder.

Menata Galery
Setelah semua file yang diperlukan terkumpul, maka dibuatlah sebuah software sederhana yang bisa mengadministrasikan semua file tersebut menjadi satu dan dikemas dalam bentuk CD. Dalam hal ini, penulis membuat sebuah program eksekusi (simetron.exe) dengan Macromedia Director MX (versi 9) sebagai berikut:



C. Pelaksanaan Pembelajaran dengan Menggunakan Karya Inovasi:
1. Persiapan PBM
Setelah galery simetron ini selesai dibuat, kemudian disimpan dan digandakan dalam bentuk CD yang boleh dicopy oleh seluruh siswa yang memerlukannnya untuk belajar di rumah. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan Lembar-lembar kegiatan siswa sebagai panduan untuk melakukan diskusi. Untuk memperkuat pemahaman, kepada siswa juga ditugasi untuk mencari literatur penunjang materi.
Dalam kegiatan ini, setiap kelompok mempresentasikan apa yang mereka pahami dari teori lalu dipadankan dengan model simulasinya. Diskusi akan terjadi kemudian dengan kelompok lain yang menanggapi. Peran guru dalam hal ini adalah sebagai moderator yang mengatur kelancaran diskusi serta sebagai tempat bertanya apabila ada suatu masalah yang tidak dapat dipecahkan/dijawab suatukelompok. Akhir kegiatan ini siswa dengan dibimbing oleh guru melakukan perangkuman materi.

2. Pelaksanaan PBM
a. Pendahuluan
Pembelajaran dimulai dengan melakukan apersepsi; bertanya tentang materi pelajaran sebelumnya, memberikan motivasi berupa relevansi materi yang akan diberikan dengan kehidupan keseharian, menetapkan tujuan pembelajaran dan membagi kelompok yang terdiri 5-6 siswa per kelompok. Kegiatan ini dilakukan sekitar 20 menit.
b. Kegiatan Inti
Siswa secara berkelompok melakukan kegiatan-kegiatan sesuai tuntunan LKS yang diberikan. Sebagai bukti bahwa mereka telah melakukan seluruh rangkaian kegiatan maka siswa harus membuat laporan tertulis.
c. Penutup
Kegiatan dapat diselesaikan selama 60 menit. Kegiatan akhir pertemuan adalah membuat laporan dari kegiatan hari itu. Selanjutnya, guru membagikan bahan bacaan kepada kelompok-kelompok tersebut untuk dikerjakan di rumah. Tugas dikumpulkan dalam pertemuan berikutnya (satu minggu) untuk didiskusikan di kelas.


D. Hasil-hasil yang sudah dicapai dan keunggulan dari pelaksanaan pembelajaran tersebut

Hasil belajar konsep-konsep fisiologis dengan menggunakan metode ini yang diterapkan di kelas menunjukkan daya serap yang efektif. Hal ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran bisa mengeliminir kesan abstraks dari sebuah fakta yang tidak mungkin dilihat dalam kondisi aslinya. Hal-hal ini yang tidak dimiliki oleh metode pembelajaran lainnya.
Data tentang hasil belajar kelas 10 SMA YPK menunjukkan besaran –besaran statistik sebagai berikut;
no
Nilai
XA
XB
XC
XD
XE
XF
XG
XH
1
Maximum
86
90
89
81
83
87
86
84
2
Mean
66
71
66
67
67
67
75
75
3
Minimum
49
47
54
55
53
50
65
64
4
Modus
68
65
63
68
67
71
73
70
5
Median
66
69
64
67
67
67
74
76
6
st_dev
9.08
8.91
8.31
7.39
7.36
7.56
5.59
6.03
Kelas XA – XF adalah kelas-kelas heterogen secara kemampuan akademik (Kelompok I), kelas XG adalah kelas Unggulan (Kelompok II) dan kelas XH adalah kelas heterogen (kelompok III). Kelompok I diajar secara konvensional sedang kelompok II dan III diajar dengan menggunakan media berbasis TIK (simetron).
Dari data di atas dapat terlihat bahwa nilai rata-rata kelas dan nilai terendah pada kelas-kelas yang diajar dengan menggunakan media berbasis TIK adalah lebih baik daripada nilai rata-rata kelas-kelas yang diajar secara konvensional.Dari hasil penelitian tindakan kelas sedrhana ini, dapat disimpulkan bahwa pustaka/galery simulasi elektronik yang dijadikan media pembelajaran berbasis TIK dapat meningkatkan hasil belajar Biologi

1 komentar:

wahyu wardian mengatakan...

saya pernah mencoba hal yang hampir sama dengan meggunakan media elektronic learning (e-learning ) dalam bentuk pemberian tugas / kelompok tentang macam-macam bioma. Setiap kelompok ditugasi melakukan " Hunting creativity project " tentang tipe bioma tertentu, dan pada kesempatan lain ( krng lbh 1 bulan kemudian ) setiap klmpk menyampaikan presentasinya dalam bentuk power point+ video yang didownload dari youtobe ttng bioma pada pertemuan KBM. Hasilnya siswa sangat antusias mempertahankan presentasinya masing-masing dan disini ada 2 keterampilan yang diperoleh , yaitu keterampilan menggunakan ICT dan keterampilan menguasai materi pembelajaran yang dipresentasikan. Karya tulis ini juga sudah saya presentasikan pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Guru Tingkat Provinsi Sumatera Selatan, tapi untuk ke jenjang yang lebih tinggi saya masih banyak " rasa takut " dengan kawan-kawan guru yang lebih senior dan berpengalaman di tingkat nasional.