Sabtu, 21 Juli 2007

Tugas 3: Riset Internet

MENGENAL WEBLOG
(HERMAN RETNANDAR)


1. Definisi Blog (Weblog)

Dalam sebuah situs, Phil Gyford mendefinisikan Weblog, atau disingkat “blog”, adalah sejenis website atau bagian dari website.[1][1] Biasanya, dibuat oleh perorangan yang seringkali mempublish sejumlah tulisan – mungkin beberapa kali sehari, atau sekali sehari atau kurang dari itu. Tulisan-tulisan ini dinamakan “entries” atau “posts”, dalam daftar tersusun dalam kronologis terbalik yakni “entries” atau “post” terbaru letaknya pada urutan teratas. Entries-entries dapat juga dikelompokkan dalam halaman terpisah berdasarkan tanggal atau topik.
Banyak hal yang membuat orang termotivasi untuk membuat blog, dari yang sekedar menjadikannya sebagai catatan harian on-line yang disimpan di internet, sekedar tempat aktualisasi bakat menulis dengan mem-posting-kan opini-opini, atau yang lebih serius menjadikan blog sebagai ajang promosi bisnis. Selain itu, jika pada awalnya blog dibuat oleh individu-individu dalam perkembangannya kini muncul blog-blog yang dibuat oleh beberapa orang (kelompok) dan membentuk komunitas blog.
Cameron Barret menulis pada Blog-nya essay berjudul "Anatomy of a Weblog" yang menerangkan tema dari Blog. "Blog seringkali sangat terfokus pada sebuah subjek unik yaitu sebuah topik dasar dan/atau sebuah konsep yang menyatukan tema-tema dalam Blog tersebut." Secara sederhana topik sebuah Blog adalah daerah kekuasan si Pembuatnya tanpa ada editor atau boss yang ikut campur, tema segila apapun biasanya dapat kita temukan sejalan dengan makin bermunculannya Blog di Internet. Dan ya, ide itu telah terpikirkan, Blogger bahkan sekarang telah membuat Blog dari Blog, dan bahkan Blog dari Blog dari Blog.”


2. Sejarah Blog
Weblog ini pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn menggunakan istilah Weblog untuk menyebut website pribadi yang selalu diupdate secara berkelanjutan dan berisi link-link ke website lain yang dianggap menarik dan biasanya disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri[2][2]. Setelah itu, pada bulan Mei 1999 Scott Rosenberg (Online Salon) menyimpulkan bahwa Blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekedar kumpulan link tapi kurang instrospektif dari sekedar sebuah diary yang disimpan di internet. Dan pendapat yang lebih akhir menyatakan bahwa Blog adalah persilangan antara diary seseorang dan daftar link di Internet.
Selain pendapat-pendapat seperti tersebut di atas, ada juga yang berpendapat bahwa blog telah lahir pada tahun 1993 yang dinamakan halaman What's New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen. Sesudah itu pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya Justin's Home Page yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.
Berikutnya, sampai akhir tahun 1998 perkembangan blog belum menampakkan tanda-tanda yang menggembirakan. Belum banyak orang yang membuat blog karena pada saat itu hanya orang yang memiliki keahlian dan pengetahuan khusus di bidang IT atau pembuatan website, HTML saja yang mampu. Atau bisa dikatakan bahwa penggila blog barulah komunitas tertentu yang didominasi oleh kelompok orang tertentu yang memiliki keahlian tertentu pula.
Perkembangan jumlah blog yang cukup besar terjadi ketika pada bulan Juli 1999 lahir pembuat layanan blog pertama Pitas. Dengan fasilitas ini memungkinkan siapapun dengan pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan Blog-nya sendiri secara online dan gratis. Dengan seketika jumlah blog pun bertambah hingga ratusan. Prestasi ini lalu disusun satu bulan kemudian (l Agustus 1999) Pyra Lab (dari Silicon Valley) meluncurkan layanan Blogger.com yang hingga saat ini sudah lebih dari 100.000 Blogger yang menggunakan layanan mereka dengan pertumbuhan jumlah sekitar 20% per bulan.
Selain Blogger.com dan Pitas, layanan pembuat blog online lainnya seperti Grouksoup, Edit this Page dan juga Velocinews turut andil dalam melaraikan dunia per-blog-an ini. Semakin hari hari kian bertambah jumlah Blogger, hingga makin sulit untuk mengikutinya. Ribuan Blog kemudian bermunculan dan masing-masing memilih topik bahasannya sendiri, dimulai dari bagaimana menjadi orang tua yang baik, hobi menonton film, topik politik, kesehatan, seks, olahraga, buku komik, keperluan bisnis dan macam-macam lagi.


3. Alasan Membuat Blog
Enda Nsution, para blogger menjulukinya bapak Blogger Indonesia dalam situsnya menuliskan 8 alasan orang membuat blog sebagai berikut;[3][3]
a. Memiliki Blog adalah TANPA BIAYA
Banyak layanan pembuat Blog gratis disediakan oleh berbagai macam situs. Contoh yang paling populer adalah Blogger.com (http://www.blogger.com). Dengan layanan ini, kita bisa memiliki Blog hanya dalam hitungan menit dan gratis. Selain itu ada juga situs yang menyediakan disain tampilan yang juga gratis misalnya Blogskins.com (http://www.blogskins.com/). Untuk menyimpan ruang secara gratis tersedia pula layanan ruang file gratisan seperti Tripod.com (http://tripod.com). Pokoknya, apabila computer kita telah terhunung dengan jaringan internet, kita tinggal masuk ke situs penyedia blog gratisan seperti blogger.com, multiply.com, dan lain-lain lalu mulailah membuat blog.

b. Memiliki Blog adalah MUDAH
Siapapun dapat membuat Blog dengan mudah seperti halnya membuat email di Yahoo! Mail atau di Hotmail. Dengan panduan bahasa Indonesia, kita hanya diminta untuk mengisi beberapa informasi tentang diri kita, pilih desain, dan dalam waktu singkat kamu akan memiliki Blog kamu sendiri. Bahkan sedemikian mudahnya, kita tidak perlu mengetahui tentang HTML, bahasa yang digunakan untuk membuat website, tidak perlu piawai di bidang web desain, dan tidak perlu tahu terlebih dahulu tentang pembuatan website, bahasa pemrograman dan lain-lain.

c. Blog cocok untuk SIAPA SAJA
o Bagi seorang programer; blog digunakan untuk menyimpan catatan-catatan dan link ke website-website tentang programming.
o Bagi seorang jurnalis; Blog dijadikan tempat menyimpan catatan liputan yang diedit oleh editor. Lewat layanan ini seseorang mungkin seorang calon penulis yang sedang berusaha mencari keunikan tulisan dan gaya sendiri.
o Blog bisa dijadikan website yang membahas tentang hal-hal yang kamu sukai saja.
o Bagi seorang Desainer, Blog bisa dijadikan tempat untuk menyimpan hasil-hasil desain sebagai portfolio.
o Bagi seorang ibu rumah tangga, Blog bisa berupa catatan sehari-hari kamu. Daftar belanja. Hal-hal yang harus dilakukan, catatan hari ulang tahun keluarga, atau catatan harian perkembangan si kecil.
o Dan Blog juga bisa dijadikan catatan pekerjaan kamu. Jika kamu bekerja dibidang finansial misalnya, setiap berita, artikel, atau website yang berhubungan dengan bidang kamu, bisa kamu masukkan di Blog kamu dan akan dengan sendirinya teratur rapih menuruti waktu dimana kamu mengupdatenya.
o Blog cocok untuk wanita, laki-laki, cowok, cewek, anak SMA, mahasiswa, tua, muda. Blog cocok untuk siapa saja, karena kamu yang akan mengendalikan Blog kamu dan menjadikannya apa yang kamu mau.

d. Blog memberikan kamu SENSE OF PURPOSE
Blog tepat dijadikan selingan waktu luang yang tidak merepotkan, misalnya proyek jangka pendek pribadi. Dengan memiliki minimal satu blog membuat kita memiliki sesuatu untuk "diurus" dan dipelihara. Maka akan sering membuat kita berpikir, tentang apa yang akan saya tulis di Blog hari ini? Apa yang bisa saya tambahkan? Mungkin halamannya memerlukan desain baru atau mungkin ada teman kamu yang memberikan komentar pada entry Blog kamu yang terakhir. Kamu memberi Blog kamu makan dengan tulisan-tulisan kamu, dan biasanya tanpa terasa tibat-tiba kamu sudah merayakan 1 tahun kamu memiliki Blog.

e. Memiliki Blog melatih kemampuan kita BERPIKIR
Orang yang memiliki Blog dan mengisinya dengan rutin akan membiasakan dirinya untuk memformulasikan apa yang ingin ditulis. Tidak ada syarat bahwa seorang Blogger haruslah seorang pemikir besar, tapi dengan banyak latihan dan membiasakan diri berpikir dan mengkomunikasikannya.

f. Blog membebaskan kamu untuk BERBAGI dan BEREKSPRESI
Setiap orang dapat dengan bebas menuliskan apapun yang ada dibenaknya tanpa dibatasi oleh deadline seperti wartawan, ataupun kaidah-kaidah lainnya laksana sastrawan. Sifatnya yang membebaskan, membuat Blog, bukan saja bisa menyehatkan jiwa tapi juga hadir sebagai medium yang tepat di jaman dimana bisa berbagi dan berekspresi dengan bebas adalah sebuah kemewahan. Selain itu apa saja yang dituliskan bisa menjadi bahan berbagi, ketika apapun yang ditulis, ekspresikan dan bagi, dalam hitungan detik sudah bisa berada di luar sana, dan dibaca oleh sekian banyak orang.

g. Komunitas Blogger
Terdapat komunitas blogger yang cukup aktif di Indonesia dimana kita bisa menjadi salah satu anggotanya. Selain itu ada milis BlogBugs (http://groups.yahoo.com/group/blogbugs) dan forum Bloggerian (http://forum.bloggerian.or.id) dimana para Blogger memperbicangkan hampir semua topik. Dengan emiliki Blog, membuka dunia kita ke sebuah komunitas yang memiliki ciri khas sendiri, yaitu (hampir) semua anggota komunitas ini memiliki Blog dimana mereka membagi sebagian dari kehidupan mereka di dalamnya.

h. Blog adalah "The New Media" di Internet
Dalam perkembangannnya, sedikit demi sedikit Blog menjadi media alternatif baru yang diperhitungkan. Saat ini di Internet dapat ditemukan PhotoBlog (Blog yang isinya photo-photo saja), AudioBlog (Blog yang isinya rekaman suara), ada Blog tentang musik, film, buku, teknologi. Blog tentang media massa, televisi. Bahkan Blog tentang Blog. Blog adalah sebuah fenomena terbaru. Blog adalah bagaimana email di tahun 90-an.



4. Referensi

Judul : An introduction to weblog terms for weblog readers
Alamat : http://www.gyford.com/phil/writing/2003/01/05/ an_introduction_.php
Penulis :Phil Gyford

Judul : Mengenal Blog (Weblog) Komunitas unik
Alamat : http://ikc.cbn.net.id/populer/dindin-blog.php
Penulis : Dindin Nugraha

Judul : Definisi Blog Menurut Orang Indonesia
Alamat : http://blog.kenz.or.id/2006/02/09/definisi-blog-menurut-orang-indonesia.html#comment-4732
Penulis : Kenz

Judul : Blog-WebBlog-Blogger
Alamat : http://www.pasti-its.com/artikel/arti-blog.htm
Penulis : Pasti-ITS

Judul : 8 Sebab Utama Memiliki Weblog
Alamat : http://enda.goblogmedia.com/8-sebab-utama-memiliki-weblog.html
Penulis : Enda Nasution

[1][1] Gyford, Phil An introduction to weblog terms for weblog readers, http://www.gyford.com/phil/writing/2003/01/05/an_introduction_.php
[2][2] Nugraha , Dindin, Mengenal Blog (Weblog) Komunitas Unik http://ikc.cbn.net.id/populer/dindin-blog.php
[3][3] Nasution, Enda, 8 Sebab Utama Memiliki Weblog, http://enda.goblogmedia. com/8-sebab-utama-memiliki-weblog.html

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum Kang Herman, bagea tepang sareng dulur di dunya maya...

Nepangkeun ti urang Telagasari, sakantenan mun rindu ka lembur tiasa ngupingkeun radio online di http://rakom.nh.web.id

Nuhun